Balai Raih Predikat WBK dari Kemenpan RB

Balai Raih Predikat WBK dari Kemenpan RB

Kepala BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur Dadan Supriatna (tengah) serta Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur Mukharlis Junizal (kanan) usai penerimaan predikat WBK, Selasa (12/12), di Jakarta.

Jakarta – Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Meneg PAN-RB) Asman Abnur memberikan penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) kepada Balai Pengembangan (BP) PAUD dan Dikmas Jawa Timur. Balai bersiap menjadi contoh bagi unit kerja lainnya dalam meraih predikat WBK.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) La Ode M Syarif kepada Kepala BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur Dadan Supriatna. Pemberian penghargan tersebut terkait dengan rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (Hakordia).

Bersama Balai, penghargaan serupa juga diterima dua instansi lain di lingkungan Kemendikbud yakni Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, serta Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bidang Otomotif dan Elektronika Malang.

Dalam sambutanya, Asman menyampaikan, setiap pimpinan instansi pemerintah yang telah memiliki unit kerja WBK atau Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) menjadi contoh bagi unit-unit lain di lingkungannya. Dia menambahkan, instansi pemerintah yang lain dapat belajar ke unit layanan pemerintah yang telah menjadi WBK/WBBM.

“Seperti yang sudah dilakukan oleh Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Kepolisian Republik Indonesia. Melalui kegiatan ini, maka secara konkret, sistematis dan berkelanjutan, seluruh unit layanan yang ada di instansi pemerintah dapat memberikan layanan yang berkualitas dan bersih dari KKN,” jelas Asman.

Secara terpisah, Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB, M Yusuf Ateh mengatakan, seluruh unit kerja pelayanan yang berpredikat WBK dan WBBM secara resmi akan menjadi contoh bagi unit kerja lainya.

Sementara itu, Dadan mengatakan, penghargaan WBK ini untuk seluruh warga Balai yang telah berjuang bersama selama proses penilaian WBK. Kendati telah meraih predikat WBK, Dadan menegaskan, tugas belum selesai. Sebaliknya, Balai harus menunjukkan kapasitas lembaga peraih WBK dengan penerapan di lapangan dalam bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat dan mitra strategis Balai. Untuk menjadi unit kerja WBK, Balai telah melalui serangkaian penilaian dan evaluasi oleh Tim Penilai Nasional Kementerian PAN-RB.

Pada tahun 2017 ini, Kementerian PAN-RB telah mengevaluasi 485 unit kerja yang mengusulkan diri untuk mendapatkan predikat WBK dan BBM. Hasilnya, sebanyak 77 unit kerja pelayanan ditetapkan sebagai WBK dan enam unit kerja pelayanan sebagai WBBM.

Menurut Yusuf, jumlah unit kerja yang mengusulkan diri ini terbilang mengejutkan karena meningkat empat kali dibandingkan tahun sebelumnya. Unit layanan yang meraih WBK dan WBBM bertambah menjadi 109 unit kerja percontohan WBK dan 18 unit kerja percontohan WBBM. (izal)

Dengan tambahan unit-unit kerja yang ditetapkan sebagai WBK dan WBM ini maka sampai dengan tahun 2017 sudah ada 109 unit kerja percontohan yang ditetapkan sebagai WBK dan 18 unit kerja percontohan WBBM. (izal)

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar