Ditjen PAUD Dikmas Gandeng BAN PAUD dan PNF untuk Pemetaan Mutu

Ditjen PAUD Dikmas Gandeng BAN PAUD dan PNF untuk Pemetaan Mutu

Kabagrenggar Ir. Agus Pranoto (tengah) saat menyampaikan kebijakan ditjen paud dikmas

Semarang - Ditjen PAUD dan Dikmas menggandeng Badan Akreditasi Nasional PAUD dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD PNF) untuk kegiatan pemetaan mutu PAUD dan Dikmas pada tahun 2018.

Hal ini mengemuka dalam “Workshop Pemetaan Mutu Tahun 2018” pada Kamis-Sabtu (1-3/2), di PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah. Sebab, tujuan kegiatan ini di antaranya adalah untuk sosialisasi instrumen pemetaan mutu yang merujuk kepada instrumen akreditasi BAN PAUD dan PNF serta sosialisasi dan simulasi aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) BAN PAUD dan PNF. Hadir sebagai peserta adalah utusan dari dua PP-PAUD dan Dikmas serta 27 BP-PAUD dan Dikmas dari seluruh Indonesia.

Dalam paparannya, Dr Irma Yulianti Sekretaris BAN PAUD dan PNF mengatakan, ada dua perubahan pada mekanisme pengajuan akreditasi mulai tahun ini. Pertama, pendaftaran akreditasi langsung ke BAN PAUD dan PNF melalui Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena). Sebelumnya, satuan PAUD dan PNF harus mengirimkan borang (formulir) ke Badan Akreditasi Provinsi (BAP) PAUD dan PNF. Kedua, satuan PAUD dan PNF wajib memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN).

 Irma menjelaskan, peluncuran Sispena ditujukan untuk mempercepat proses penilaian, transparansi, serta mengurangi beban cetak dokumen. Untuk kewajiban memiliki NPSN, lanjut dia, merupakan tindak lanjut dari kebijakan tahun lalu dimana prioritas akreditasi diberikan terhadap lembaga yang telah memiliki NPSN.

Sementara itu, penyesuaian tampak pada aplikasi pemetaan mutu tahun ini. Khususnya pada output layanan yang dihasilkan. Tahun lalu, sasaran pemetaan mutu adalah satuan PAUD dan Dikmas, sedangkan pada tahun ini, sasaran pemetaan telah mencakup pula program PAUD dan Dikmas di tiap satuan. Pembaruan ini membuat hasil pemetaan mutu berupa pencapaian lembaga pada delapan standar nasional pendidikan (SNP) dapat diketahui lebih detil dan bermanfaat.

Di BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur, pemetaan mutu akan dilaksanakan di 20 kabupaten/kota dengan sasaran sekitar 20 ribu satuan PAUD dan Dikmas. Sasaran ini meningkat dua kali lipat jika dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2017, pemetaan mutu dilakukan di 18 kabupaten/kota dengan sasaran 10.875 satuan PAUD dan Dikmas. Hasil pemetaan mutu tahun 2017 dapat diunduh pada tautan hasil_petamutu. (dyko)

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

2 Komentar

  1. Dengen Pemetaan Mutu Paud dan PNF,kita dapat melihat kualitas lembaga.

  2. Alhamdulillah,dengan adanya pemetaan mutu ,sdh bisa dilihat bagaimana kualitas penyelenggaraan lembaga paud(tim pemetaan mutu kab Wajo Sulawesi selatan)

Tinggalkan Komentar