Sasaran Supervisi PAUD dan Dikmas Naik 245 Persen

Sasaran Supervisi PAUD dan Dikmas Naik 245 Persen

Sekretaris BAP PAUD dan PNF Jawa Timur Totok Isnanto menyampaikan materi dalam “Orientasi Tim Lapangan Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2018”, Rabu (14/3). (Sugiarto)

Surabaya – BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur akan melaksanakan supervisi terhadap 736 lembaga PAUD dan Dikmas pada tahun 2018. Jumlah target ini melonjak sekitar 245 persen dari tahun sebelumnya dengan sasaran 300 lembaga.

Hal ini mengemuka dalam “Orientasi Tim Lapangan Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2018” pada Rabu dan Kamis (15-16/3), di Balai. Kegiatan ini dihadiri 76 peserta, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan penilik dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Dalam paparannya, Sekretaris Badan Akreditasi Provinsi (BAP) PAUD dan PNF Jawa Timur, Totok Isnanto, menyampaikan sejumlah perubahan signifikan dalam proses akreditasi khususnya pasca penerapan aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) PAUD dan PNF.

Totok menjelaskan, dengan Sispena maka lembaga tak perlu lagi mengirim borang (formulir) akreditasi secara manual karena semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses akreditasi cukup dipindai dan dikirimkan melalui aplikasi Sispena.

Sispena PAUD dan PNF adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis laman yang bisa akses dimana saja, dan kapan saja selama terhubung dengan internet. Aplikasi ini memanfaatkan Data Pokok Pendidikan dan Kebudayaan (Dapodik) dalam proses pelaksanaan akreditasi. Dapodik merupakan pangkalan data pendidikan dan kebudayaan yang terintegrasi untuk menunjang pelaksanaan akreditasi PAUD dan PNF secara efektif dan efisien.

Di sisi lain, Totok mengingatkan lembaga untuk mengisi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) karena ini akan menentukan sebuah lembaga lolos atau tidak ke tahap selanjutnya yakni visitasi.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Dikmas Abdullah, menyampaikan pentingnya peran penilik serta pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dalam pelaksanaan kegiatan supervisi.

Untuk itu, tambah dia, Subdit GTK PAUD dan Dikmas tetap mengupayakan peningkatan kesejahteraan dan kompetensi PTK. Misalnya, dengan penyelenggaraan diklat berjenjang bagi PTK.

Kegiatan supervisi lapangan PAUD dan Dikmas akan dilaksanakan sekitar bulan Mei 2018 oleh para petugas yaitu pamong belajar Balai. Petugas supervisi akan mendatangi langsung lembaga yang sudah dipilih dan siap untuk melaksanakan akreditasi. Selanjutnya, petugas akan memberikan bimbingan dan evaluasi terkait kesesuaian dokumen-dokumen milik lembaga dengan syarat-syarat akreditasi. (dyko)

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar