Sarana Prasarana

Keberadaan BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur ditunjang oleh sarana prasarana yang cukup memadai. Fasilitas ini digunakan untuk menunjang kegiatan yang ada di lingkungan balai, diantaranya untuk Pendidikan dan pelatihan(diklat), seminar, workshop, rapat kerja, dan kegiatan lainnya yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Fasilitas yang ada di lingkungan BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur :

ASRAMA

BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur mempunyai 3 asrama yang mampu menampung 152 orang yang terdiri dari asrama anggrek, asrama bougenville dan asrama cempaka. Masing- masing asrama berlantai 2 yang dilengkapi beberapa fasilitas yaitu 2 tempat tidur, 1 almari, 1 kipas angin/ non AC, 1 set meja belajar, 1 unit kaca rias yaitu untuk asarama anggrek bawah, bougenville bawah , cempaka lantai atas dan bawah dengan kapasitas 110 orang. sedangkan untuk asrama yang ber-AC dilengkapi dengan fasilitas 3 dipan, 1 unit Ac, 1 set meja belajar, 1 kipas angin, 1 set kursi teras dan kamar mandi dalam yaitu asrama anggrek atas dan bougenville atas dengan kapasitas 42 orang.

BANGUNAN KANTOR

Untuk mendukung tugas pokok dan fungsinya, BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur telah melakukan beberapa kali perbaikan-perbaikan baik rehabilitasi gedung ataupun sarana dan prasarana antara lain :

1. Bangunan Kantor

Bangungan kantor BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur pada tahun 2008 terdiri dari 2 lantai, lantai bawah digunakan untuk aktivitas tata usaha yaitu ruang Kasubbag Umum, ruang tamu VIP, ruang resepsionist, ruang tamu, ruang urusan dalam, ruang perlengkapan, ruang kepegawaian dan persuratan serta dilengkapi dengan 2 kamar mandi. untuk mendukung kegiatan ketatausahaan tersebut dilengkapi dengan peralatan 9 unit komputer, 4 unit Ac (2 PK), meja dan kursi kerja sedangkan lantai atas digunakan sebagai aktivitas kepala balai, ruang sidang, sekretaris kepala, bendahara, kasi program, kasi FSD, kasi informasi dan 1 ruang besar untuk pamong belajar dan dilengkapi dengan 3 kamar mandi. Untuk mendukung kelancaran kerja kepala balai, pamong belajar dan staf kasi dilengkapi dengan 15 unit komputer, 7 unit AC (2PK)

2. Bangunan Pertemuan

Bangunan untuk kegiatan pertemuan di BP PAUD dan Dikmas Jawa Timur terdiri dari beberapa ruangan antara lain :

a. ruangan serba guna (Cut Nyak Dien ) terdiri dari 2 lantai, lantai bawah dipergunakan untuk kegiatan pertemuan dengan kapasitas 150 orang , dilengkapi dengan 2 panggung, 4 Ac standing floor (4PK), 2 AC (2 PK), seperangkat soung system, 2 layar LCD, 3 ruangan untuk sekretariatan, 4 kamar mandi sedangakan lantai atas (KH Ahmad Dahlan) dipergunakan untuk kegiatan olah raga bulutangkis dan tenis meja.

b. Ruang Belajar

1. Ruang Belajar Diponegoro

Kapasitas 100 orang dengan dilengkapi 2 panggung, layar LCD 2 unit dan peralatan sound system, 4 Ac (2PK), sekat ruangan, 2 kamar mandi, ruang sekretariat dilengkapi 1 AC (1.5 PK). Ruang belajar ini terletak di lantai 2, sedangkan lantai 1 bawah ( Ahmad Yani) ddilengkapi dengan 3 AC (2PK), panggung, 2 kamar mandi, ruang sekretariat.

2. Ruang belajar Agus Salim

Berkapasitas 60 orang dilengkapi dengan 4 AC (2 PK), 1 kamar mandi, soung system dan 1 layar LCD, 1 white board

 

RUMAH DINAS

Bangunan runah dinas  berjumlah 4 unit tipe 50 dan 1 unit tipe 36. untuk memudahkan menyebut dan mengingat rumah dinas maka diberi nama-nama yaitu bunga kenanga, melati, mawar, soka dan teratai. Raumah dinas kenangan saat ini ditempati oleh kepala balai sedangkan rumah dinas yang lain ditempati khusu tamu-tamu dari pusat/Jakarta.

Rumah dinas melati dilengkapi dengan fasilitas 3 unit Ac, 2 Kamar tidur menampung 3 orang, ruang tamu, 2 kamar mandi, 1 set meja kursi tamu, 1 set kursi makan, 1 set meja kursi teras, 1 unit lemari es, 1 unit televisi, 2 almari, 3 spring ed, 2 set meja rias, 1 unit dispenser serta ruang dapur.

Rumah dinas mawar dan soka. kedua runah dinas ini dilengkapi dengan 2 kamar tidur dengan kapasitas 4 orang, ruang tamu, 2 almari, 2 Ac, 1 set meja kursi makan, 1 set meja kursi tamu., 1 set meja kursi teras, 1 unit televisi, 1 unit lemari es, 1 unit dispenser, 1 kamar mandi serta dapur.

Khusus rumah dinas teratai ada 2 bagian, yaitu teratai A dilengkapi dengan fasilitas 3 kamar dan ruang tamu berkapasitas 6 orang yang ditempati oleh tenaga wiyata bhakti sedangkan tertai B dengan 3 kamar dan ruang tamu dimanfaatkan untuk kegiatan PAUD yaitu Tempat Penitipan Anak (TPA)

BANGUNAN TEMPAT IBADAH/MASJID

Dengan keberadaan tempat ibadah/masjid sangat mendukung balai baik karyawannya maupun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sholat jum'at dilingkungan balai sehingga waktu yang digunakan sangat efektif dan efesien, sarana yang digunakan kipas angin, AC, seperangkat sound system, berkapasitas 200 orang